Tentang Komik Amerika

Aku sangat menyenangi komik Amerika, terutama Batman. Selain Batman aku juga suka komik Star Wars. Tentu aku juga suka komik Jepang, tetapi kalau harus memilih antara komik Jepang atau komik Amerika, mungkin aku akan memilih komik Amerika.

Aku memang lebih dulu kenal cerita pahlawan super dari Amerika ketimbang cerita-cerita dari Jepang. Selain itu, Star Wars adalah waralaba favoritku yang melebihi kesukaanku pada waralaba-waralaba Jepang, termasuk Dragon Ball.

Walau begitu, pada waktu masa kecilku hingga remaja, aku sama sekali tidak pernah membaca komik Amerika. Komik Amerika memang sulit didapatkan di Indonesia. Beda dengan komik Jepang yang banyak sekali diterjemahkan dan tersedia di toko buku atau bahkan di persewaan komik (masih adakah persewaan komik sekarang?). Kalaupun ada yang menjual komik Amerika di Indonesia, umumnya itu adalah barang impor, masih berbahasa Inggris dan harganya sangat mahal. Di Amerika Serikat sendiri, harga komik sudah cukup mahal, apalagi ketika diimpor ke sini.

Ada cara lain untuk membaca komik Amerika. Beberapa situs web dan aplikasi menyediakan akses komik digital dengan berlangganan secara bulanan. Sayangnya, tak semua melayani wilayah Indonesia. Kalaupun melayani, ada kendala pembayaran dan kendala bahasa juga yang membuat orang enggan. Ada juga yang menyediakan komik digital secara satuan, tanpa berlangganan, hanya saja harganya cukup mahal untuk tiap buku. Satu kelemahan lagi, layanan seperti ini dibatasi oleh DRM, dan umumnya mengharuskan penggunanya untuk menggunakan aplikasi yang tidak bebas.

Bagi yang bisa membaca bahasa Inggris, ada satu jalan keluar. Beberapa situs web menyediakan komik digital secara gratis. Hanya saja, legalitasnya dipertanyakan. Untungnya, selama ini belum pernah ada kejadian di Indonesia seseorang ditangkap karena membaca komik yang didapatkan dari jalur tak resmi.

Satu alternatif lain yang bisa kubagikan di sini, adalah komik digital Amerika terbitan lawas yang sudah habis masa hak ciptanya, atau oleh pemegang hak ciptanya diberikan izin terbatas untuk ditayangkan. Komik-komik seperti ini bisa diunduh atau dipinjam baca tanpa harus membayar. Ada beberapa situs web yang meyediakan layanan ini di antaranya archive.org, comicbookplus.com, dan digitalcomicmuseum.com. Kalau kalian ada waktu senggang dan ingin menyelami dunia komik Amerika, tak ada salahnya mencoba alternatif ini.

#komik

@ihsan@venera.social